Mudik ke Malang Tahun Ini Nyaman, Cepat, dan Aman

Citilink jadi pilihan  pesawat mudik tahun ini (Gambar Pribadi)

Kali ini saya akan membagikan pengalaman mudik di tahun 2015. Pada tahun ini akhirnya saya bias mudik dengan man , cepat, dan aman. Pada tahun sebelumnya sayasering meggunakan mode transportasi kereta api. Selain kereta api selama 2 tahun sayaj uga menggunakan mode transportasi darat berupa mobil. Sedangkan kali ini saya mempergunakan mode transportasi pesawat.

Pada mode transportasi mobil pribadi , selama 2 tahun jalur yang digunakan yaitu jalur pantura. Mulai dari Tol Jakarta – Cikampek (Tol Cipali belum jadi) kemudian lewat simpang Jomin menuju Subang , Indramayu, dan Cirebon. Jalur ini merupakan jalur utama bagi pemudik yang melewati pantura. Selama 2 tahun itu saya merasakan kemacetan yang luar biasa di jalur ini mulai dari simpang Jomin, Ajibarang hingga Lohbener. Kemacetan yang luar biasa lama mulai dari jam 10 malam hingga jam 4 pagi pernah saya rasakan di Tol Kanci – Pejagan (Cirebon – Brebes), hamper semalam mobil tidak bias bergerak. Selain itu di daerang Batang , Jawa Tengah pernah macet tetapi tidak selama di daerah Cirebon – Brebes. Walaupun jalan Pantura Jawa tengah – Jawa Timur tidak macet tetapi lumayan menguras energi sehingga harus sering banyak berhenti. Total waktu yang digunakan selama mudik degan moda mobil pribadi hampir mencapai 26 jam. Berangkat pukul 7 malam dari Jakarta sampai di Malang Jam 10 malam WIB esok hari.

Moda Transportasi Bus Jakarta - Malang
Sedangkan mode transportasi bus pernah saya coba saat balik dari Malang- Jakarta. Perjalanannya hampirsama dengan mobi pribadi dengan waktu tempuh 24 – 26 jam. Hal ini membuat saya memilih bus sebagaipilihan terakhir ketika tidakada mode transportasi lainnya.

Kereta Kahuripan , Pilihan mudik paling murah saat kuliah di Bandung

Sedangkan dengan moda transportasi kereta, berbagai macam kelas sudah saya coba. Pengaaman paling berkesan yaitu saat menggunakan kereta ekonomi kahuripan. Pada saat saya awal kuliah, paling murah yaitu menggunakan kereta ekonomi ini. Pada tahun 2008 belum ada pembatasan kursi tempat duduk sehingga pada mdik kala itu saya harus berdiri mulai dari Bandung hingga kota Wates , Jawa Tengah. Perjalanan dari Bandung sampai wates kurang lebih 10 jam. Dengan terpaksa waktu itu saya harus berdesak – desakan dengan penumpang lainnya. Setelah kota wates dan jogja, akhirnya kursi sangat kosong dn bias buat tiduran. Sampai kota Kediri sekitar jam 3 dan dilanjutkan dengan kereta ekonomi penataran yang sampai kota malang sekitar jam 7 malam. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 22 jam masih lebih cepat kereta api dibandingkan dengan mobil.

Sedangkan di tahun 2009 akhirnya saya berpindah menggunakan kelas bisnis jurusan Bandung – Surabaya (Mutiara Selatan), Kereta api Malabar waktu itu belum ada. Waktu tempuh berangkat jam 4 sore sampai di Surabaya sekitar jam 8 pagi kemudian dilanjut dengan bus Surabaya – Malang di Terminal Purabaya. Sampai di Malang sekitar jam 11 Siang dengan waktu tempuh sekitar 18 jam. Sedangkan degan adanya kereta api Malabar saat ini waktu tempuh kereta hanya 16 – 18 jam. Berangkat dari Bandung jam 4 sore sekitar jam 8 pagi sudah berada di malang.

Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta (Foto Pribadi)

Tahun ini saya mencoba transportasi pesawat, tujuan langsung ke Malang melalui bandara Abdurahhman Saleh (bandara baru kerjasama dengan TNI AU). Ada 2 pilihan melalui Bandara Soekarno – Hatta atau Bandara Halim  Perdana Kusuma. Karena tempat tinggal saya paling dekat dengan Halim , maka pilihan jatuh ke maskapai Citilink. Maskapai ini tergolong maskapai dengan biaya yang murah (Low Cost Carrier/LCC). Dengan sedikit browsing , akhirnya saya mendapat tiket dengan harga 520 ribu rupiah.harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan harga tiket kereta api Gajayana atau Bima yang mencapai 480 ribu rupiah. Akhirnya jatuh plihan pada hari kamis 10 juli 2015. Jadwal keberangkatan Citilink dari halim sekitar jam 7.30 WIB dan sampai di malang jam 09.00 WIB . Waktu tempuh yang cuma 1,5 jam membuat moda transportasi ini paling cepat dibandingkan lainnya serta keamanan dan kenyamanan yang terjamin.

Situs pemesanan tiket Jakarta - Malang.

Pesawat latih dan carter parkir di landasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta (Foto Pribadi)

Untuk mencapai halim saya mempergunakan taksi dengan biaya sekitar 30 ribu, kemudian sekitar jam 6.00 WIB saya sudah check in di konter citilink. Antrian  penumpang yang panjang sekitar jam 6.30 WIB saya selesai untuk check in. Kemudian dilanjutkan ke ruang tunggu , sebelum ruang tunggu terdapat 2 kali pemeriksaan identitas yang dilakukan oleh petugas bandara dan terakhir oleh petugas citilink. Tidak lama sekitar jam 7.00 WIB penumpang tujuan malang dipersilakan menuju pesawat dan tidak lupa pengecekan tiket pesawat terakhir. Sekitar 7.15 penumpang sudah masuk ke pesawat dan mulai mencari tempat duduk sekitar 10 menit akhirnyapenumpang sudah di tempatnya masing – masing dan pesawat mulai bersiap untuk take off. Sekitar jam 7.35 WIB akhirnya pesawat Take off dari Halim (Jakarta) menuju Abdulrahman Saleh (Malang). Jam 9.05 WIB pesawat landing di Malang, dan sekitar jam 9.15 saya sudah berada di ruang tunggu bagasi. Karena barnag saya paling akhir dikeluarkan sekitar jam 9.35 baru keluar dari ruang tunggu bagasi dan mencari mobil jemputan dari keluarga. Akhirnya sekitar jam 10 pagi WIB sampai di rumah dengan total lama perjalanan dari Jakarta ke Malang sekitar 4.5 jam.
Pesawat sampai di Bandara Abdurrhaman saleh Malang jam 09.00 WIB (Foto Pribadi)

Bandara baru Abdurrhman Saleh , Malang (Foto Pribadi)

Semoga dengan perbaikan yang terus dilakukan pemerintah diharapkan mudik tahun depan dapat lebih nyaman, aman, cepat dan murah. Mungkin dengan adanya pembangunan tol trans jawa waktu tempuh Malang – Jakarta yang menapai 24 hingga 26 jam dapat dikurangi sehingga mode transportasi bus tidak kalah dengan kereta api. Atau dengan adanya double track dan kereta api super cepat perjalanan Jakarta – Surabaya bisa dipangkas hingga 5 jam. Sehingga moda transportasi darat tidak kalah dengan udara yang cepat , nyaman, dan aman serta biaya yang tidak kalah (murah) dengan trasportasi kereta /bus.