Incip - Incip Gurihnya Soto Ayam Lombok Yang Legendaris

Soto ayam lombok salah satu kuliner legendaris di Kota Malang berada di Jalan Lombok depan Pom Bensin Sawahan (foto pribadi).
Salah satu kuliner legendaris si malang yang masih bertahan yaitu Soto Ayam Lombok. Nama ini berasal dari restauran pertama yang berdiri di Jalan Lombok, Sawahan Kota Malang. Dari nama jalan ini kemudian orang mengenal sebagai Soto Ayam Lombok. Soto ini terkenal di malang raya, tidak hanya orang malang saja yang mengunjungi depot ini tetapi dari berbagai daerah yang pernah tinggal maupun berkunjung ke Malang




Salah satunya yaitu mantan gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Djarot yang merupakan alumni Universitas Brawijaya mengatakan bahwa Soto Ayam Lombok ini merupakan salah satu favorit makanan ketika berkulaih di Kota Malang. Djarot yang pernah tinggal di Kampung Arab , Jagalan , Kota Malang sering makan di Soto Lombok ini. Sayangnya untuk mampir ke rumah makan ini Djarot harus menunggu dana beasiswa cair karena harga disini lumayan mahal bagi kantong mahasiswa di waktu itu (sumber : merdeka.com.)

Cabang dari depot Soto Lombok di wilayah disekitar Malang (foto pribadi).

Selain di Jalan Lombok depot ini juga membuka cabang di sekitar wilayah Malang dan sekitarnya. tetapi sebagai cabang utama Soto Lombok ini sering dikunjungi sebagai tujuan utama.Tidak heran jika setiap hari lokasi ini ramai dikunjungi konsumen yang ingin menikmati gurihnya soto lombok ini. Depot ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1955 sehingga sudah kurang lebih 60 tahun telah ada di Malang. Cita, rasa ,dan kekhasan dari soto lombok ini membuat soto ini bertahan melewati berbagai zaman.

Suasana di dalam Depot Soto Lombok (foto pribadi).
Soto Ayam Lombok memiliki ciri khas dari kuahnya yang gurih, hal ini dikarenakan kaldu untuk membuat soto ini menggunakan daging ayam kampung serta racikan koya yang membuat kuah menjadi gurih. Selain itu anda juga dapat memesan topping / isi dengan memilih daging ayam yang disukai maupun isian jeroan serta penambahan potongan telur ayam. Tidak lupa kerupuk rambak dan minuman sebagai teman makan.

Semangkok Soto Ayam lombok dengan kuah soto yang gurih ditaburi koya dan irisan daging ayam (foto pribadi)
Harga untuk seporsi soto ini dipatok dari harga 17 ribu hingga 20 ribu untuk soto istimewa. Harga ini cukup terjangkau bagi pengunjung Depot ini dan sebanding dengan kelezatan Soto Ayam Lombok yang legendaris. Bagi wisatawan di malang direkomendasikan untuk mencicipi kuliner ini karena merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Malang.


Visit Wisata Malang
 


Artikel Wisata Lainnya

Mengunjungi Makam Pejuang Bangsawan Gowa Melawan VOC Di Ngantang Malang

Mata Air Sumber Pitu (Tujuh Sumber) , Pujon , Malang Yang Tidak Pernah Kering 

Banyu Ajlok Salah Satu Surga Pantai di Malang Selatan 

Komentar

  1. Pengen banget nyoba-nyoba kuliner Malang Soto Lombok
    khas Malang gak ada ditempat lain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer