Waduk Selorejo , Waduk di Kaki Gunung Api Kelud

Waduk Selorejo yang tenang dengan latar belakang Gunung Kelud (Foto pribadi).
Waduk Selorejo merupakan salah satu waduk yang berada di kawasan Malang. Bersama dengan Waduk Karangkates di Selatan Malang waduk ini menambah suplai listrik bagi masyarakat Malang. Secara geografis Waduk Selorejo berada di Kecamatan Ngantang. Waduk ini dapat mudah dijumpai jika melewati jalan poros Kediri - Malang melalui Kota Batu. Waduk ini terletak di Kaki Gunung Kelud di bagian Timur Laut dan Gunung Kompleks Gunung Kawi Butak di Barat Daya.

Fungsi utama dari waduk ini yaitu sebagai aliran irigasi, sekaligus pencegah banjir terutama banjir bandang di daerah Ngantang dan sekitarnya. Selain itu waduk ini juga dipakai sebagai PLTA, tempat wisata , serta lokasi latihan atlit air seperti jet ski, dayung maupun kano.







Lokasi yang mudah dijangkau menjadikan Waduk Selorejo sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi. Para wisatawan dapat menikmati keindahan waduk ini dengan mudah. Selain berfoto pengunjung dapat menikmati waduk ini dengan menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar waduk ini. pengelola juga menyediakan warung makanan di sekitar waduk wisata selorejo ini.

Lokasi Waduk Selorejo yang dimanfaatkan sebagai tempat perkemahan (Foto Pribadi).
Selain sebagai tempat kunjungan wisata , pengelola Waduk Selorejo juga menyediakan lokasi untuk tempat berkemah serta untuk kegiatan alam lainnya. Lokasi yang dekat dan suasana alam yang asri dan dingin menjadikan Waduk ini sering dijadikan tempat perkemahan baik para pelajar maupun mahasiswa di sekitar Malang.

Sayangnya setelah letusan Gunung kelud di tahun 2014 Waduk Selorejo mengalami pendangkalan akibat dari material Gunung Api Kelud. Pendangkalan ini perlu diatasi agar tujuan awal sebagai pengendali banjir maupun irigasi dapat tercapai. Selain itu seperti di waduk lainnya , Waduk Selorejo juga mengalami pertumbuhan Eceng Gondok yang menutupi sebagian permukaan airnya. Eceng Gondok dapat memperparah kondisi Waduk Selorejo.

Diperlukan perhatian untuk tetap menjaga kondisi Waduk Selorejo agar dapat menarik lebih banyak wisatawan yang datang.

Tanaman Eceng Gondok yang menutupi permukaan air Waduk Selorejo (Foto Pribadi).

Visit Wisata Malang



Artikel Wisata Lainnya

Mengunjungi Makam Pejuang Bangsawan Gowa Melawan VOC Di Ngantang Malang

Mata Air Sumber Pitu (Tujuh Sumber) , Pujon , Malang Yang Tidak Pernah Kering 

Banyu Ajlok Salah Satu Surga Pantai di Malang Selatan 

Komentar

Postingan Populer