Banyu Anjlok Salah Satu Surga Pantai di Malang Selatan


Malang terkenal dengan gunung dan hawa dinginnya semua sudah paham, tapi banyak yang tidak sadar jika Malang memiliki wisata pantai yang luar biasa. Tidak kalah dengan potensi wisata pegunungannya. Kabupaten Malang sendiri berbatasan dengan samudera Hindia di sepanjang selatan Pulau Jawa. Wilayah ini mulai dari kawasan Pujiharjo Tirtoyudo , Sumbermanjing Wetan, Bantur , hingga Donomulyo di perbatasan Kabupaten Blitar. Di sepanjang kawasan ini potensi wisata belum cukup berkembang. Potensi ini sulit diakibatkan infrastruktur dasar seperti jalan, transportasi, dan penginapan belum cukup berkembang, diharapkan dengan proyek Jalan lintas selatan pulau jawa potensi ini dapat berkembang.

Dengan akses yang mudah Kota Malang dapat dijangkau melalui pesawat, kereta api,bus dan kendaran pribadi. Dibukanya Bandara Abdurrahman Saleh membuat akses ke kota besar seperti Jakarta dan Bali mudah dijangkau sehingga memudahkan transportasi. Terlebih dengan murahnya tiket pesawat yang sering memberikan promo dan diskon. Untuk cek harga tiket pesawat ke Kota Malang bisa klik disini.

Kawasan Teluk Lengokdono daerah Tirtoyudo yang memiliki berbagai pantai wisata




Salah satu pantai yang memiliki potensi untuk berkembang yaitu Pantai Banyu Anjlok di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Pantai ini berada di kawasan teluk Lenggoksono Desa Purwadadi berserta Pantai Bolu - Bolu , dan Pantai Lenggoksono. Ciri khas dari pantai ini yaitu adanya air terjun di bibir pantai.  Air Terjun ini berasal dari aliran sungai yang terpotong oleh tebing di sepanjang pantai ini.



Untuk menuju wisata ini para pengunjung dari Kota Malang dapat mengunakan mobil ataupun sepeda motor dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Tidak ada angkutan umum yang tersedia untuk menuju lokasi ini. Dari Kota Malang arahkan ke arah daerah turen kemudian ambil arah ke Dampit. Setelah melewati daerah Dampit arahkan menuju pertigaan Tirtoyudo. jalan ini menuju ke arah Pantai Sipelot dan Pantai Lenggoksono.

Jalan menuju pantai Lengoksono yang sempit, berlubang, dan berkelok harus diwaspadai pengunjung.

Jalan menuju daerah tirtoyudo ini berkelok - kelok dan dan sempit. Jalan yang dilewati berada di kawasan perkebunan dan hutan. Seringkali pengendara berpapasan dengan truk pengangkut kayu, pisang, cokelat, maupun cengkeh. Daerah malang selatan selain sumber hasil laut juga menghasilkan perkebunan dan pertanian yang sangat besar.
Papan petunjuk arak menuju lokasi wisata Banyu Anjlok, Legoksono, Bolu - Bol

jalan ini merupakan satu satunya yang menuju wisata Banyu Anjlok. kira kira sekitar 2 jam perjalanan menuju pantai, akan ditemui percabangan 2 jalan . Satu arah ke arah Pantai Sipelot sedangkan satu lagi menuju pantai lenggoksono dan pantai Wedi awu. Ambil arah ke Wedi Awu sekitar 30 menit dari percabangan ini akan ditemui Desa Lenggoksono. Ambil arah ke Pantai Lenggoksono jika anda membawa Mobil/ Motor. Di pantai Lengoksono ini disediakan parkir untuk pengunjung dengan tarif 5000 rupiah . Jika ingin menuju Pantai Banyu Anjlok dapat menyewa perahu seharga 50.000 rupiah tiap penumpang. Selain menuju banyu anjlok, pengunjung juga dapat menyewa alat selam untuk snorkling di Teluk ini. Pantai Banyu Anlok sendiri tersembunyi tebing di sebelah barat pantai Lenggoksono

Transportasi perahu dari pantai lenggoksono menuju pantai bolu - bolu untuk menyelam (foto : Achmad Hendy).

Jika tidak mau menyewa perahu pengunjung yang memakai motor dapat juga melalui jalan kecil menuju Pantai Banyu Anjlok. sayangnya jalan ini berbahaya dan sangat buruk. sangat berbahya jika pengendara yang belum terbiasa melewati jalan ini. Kira kira dibutuhkan 1 jam untuk sampai di Pantai Banyu Anjlok dari pantai Lenggoksono ini. Parkir motor dapat dititipkan di warung kecil di atas pantai Banyu Anjlok kemudian berjalan kaki menelusuri jalan setapak ke arah pantai.

Pantai pasir putih dan ombak yang tenang di Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok sediri sangat indah terdiri dari pasir putih ditemani ombak pantai yang tenang dan aman karena terletak di teluk sehingga aman untuk berenang maupun bermain air di pantai ini. Pantai ini memiliki panjang sekitar 200 m dan lebar 40 m.

Menghabiskan waktu di Pantai Banyu Anjlok dengan bermain air di bawah air terjun


Pantai ini cocok sebagai tempat kemah jika ingin menghabiskan malam di pantai ini. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berjemur, bermain pasir, berenang, menyelam, dan mancing untuk mengunjungi pantai ini .

Visit Wisata Malang



Komentar

Postingan Populer