Belajar Investasi di Pasar Modal (Saham)



Kantor Sekuritas Saham di Kota Malang
Investasi mungkin bagi sebgaian orang menganggap sebagai hal terakhir untuk menghabiskan pendapatan , padahal seharusnya investasi menjadi pengeluaran pertama atau kedua setelah sedekah / zakat. Seringkali masyarakat mengira investasi hanya dapat dilakukan oleh orang dengan penghasilan besar, padahal investasi dapat dimulai dari nominal terkecil.

Sesuai dengan rumus Y – C+S+I , maka pendapatan (Y) dapat dihabiskan melalui Konsumsi (C) , Menabung / saving (S) dan , terakhir Investasi (I). Maka sekecil apapun pendapatan (Y) maka investasi juga dapat dilakukan dengan mengurangi porsi konsumsi (C). Sehingga dana untuk konsumsi (C) dapat dialihkan ke investasi (I)


Investasi sendiri banyak ragamnya mulai dari investasi properti (Tanah, rumah, gedung), logam mulia (Emas/perak) , Deposito, Reksadana , Saham,  maupun investasi langsung dalam bidang usaha.
Tujuan kita berinvestasi yaitu untuk mengalahkan nilai inflasi tahunan yang acapkali menggerus nilai nominal uang kita dan sebgai cadangan untuk masa tua dan pensiun. Beberapa investasi yang dapat melebihi nilai inflasi yaitu dengan berinvestasi di Pasar Modal (Saham). Selama beberapa tahun ini pertumbuhan IHSG (indeks hara saham gabungan ) selalu berada diatas nilai inflasi tahuanan. Selain itu untuk berinvestasi di pasar modal cukup dengan nominal 100 ribu sudah dapat terdaftar sebagai investor saham.

Salah satu gerakan mengajak masyarakat untuk menjadi invesrto yaitu gerakan Yuk Menabung Saham. Gerakan ini mengincara para mahasiswa/i dan masyarakat luas untuk menabung saham dengan batas minimal 100 ribu. 

Bagi masyarakat malang yang ingin berinvestasi saham dapat mendaftar sebagai nasabah sekuritas. Sekuritas merupakan perantara bagi investor untuk bisa jual beli di pasar modal indonesia. Beberapa sekuritas telah ikut serta dalam program Yuk Nabung Saham melalui pembukaan Galeri Investasi di berbagai universitas. Bagi yang tertari dapat mengunjungi salah satu galeri saham.

Formulir pembukaan rekening saham
Karena rekening bank yang saya pakai dari BNI maka saya memutuskan untuk mendaftar sebagai nasabah BNI Sekuritas Malang yang berada di Jalan Langsep Kota Malang. Untuk syarat pendaftaran yang diperlukan yaitu identitas diri berupa KTP, rekening tabungan , dan NPWP sebagai bukti potong pajak karena setiap jual beli saham terkena pajak. Sedangkan biaya untuk membuka rekening saham cukup 2 lembar materai 6 ribu dan saldo awal sebesar 100 ribu untuk memulai pembelian saham.

Harga setiap saham dapat dilihat melal


ui bursa efek indonesia (BEI). Aktivitas jual beli di BEI disesuaikan dengan hari kerja mulai dari Senin – Jumat. Sedangkan minimal pembelian saham sebesar 1 lot. 1 lot merupakan satuan terkecil untuk membeli saham yang sama dengan 100 lembar saham suatu perusahaan. Beberapa saham yang dapat dibeli  dengan nominal 100 ribu antara lain Antam, Medco , Bumi Resources dll. Dengan membeli saham maka anda juga membeli suatu perusahaan.

Salah satu formulir pembukaan saham
 Pasar modal / saham sendiri digolongkan sebgai investasi dengan resiko tinggi dan hasil tinggi. Maka siapkan mental anda untuk menghadapi flukstuatif nilai suatu saham, walaupun secara umum nilai saham akan terus naik. Selain itu telitilah sebelum memilih suatu saham lihat rekam jejak dan prospek perusahaan tersebut di masa depan.

Komentar

Postingan Populer