Wisata Kuliner di Kampung Jagalan, Kota Malang



Kampung Jagalan yang berada di Kelurahan Kasin memiliki potensi kuliner makanan yang tidak kalah dibandingkan kampung lainnya di Kota Malang. Kuliner ini tersebar di berbagai sudut Kampung Jagalan. Walaupun warung makan ini terlihat sederhana tetapi soal rasa bisa di adu dengan restoran atau rumah makan mewah lainnya. Kuliner ini mulai dari Bakso Malang, Soto, Mie ayam, Tahu Campur, Sate hingga masakan bercita rasa timur tengah.

Tahu Campur  Pak Ichwan

Warung Tahu Campur Pak Iwan Jagalan (foto pribadi).

Bagi warga malang Tahu Campur Pak Iwan sudah tidak asing lagi. Mulai dari pejabat hingga artis pernah mencoba tahu campur ini saat berada di Malang, Lokasi warung ini sederhana dan berada di perempatan Kampung Jagalan. Tepatnya lokasi warung makan ini berada di Jalan Kapten Piere Tendean, Kota Malang. Warung ini sangat ramai dengan pengunjung , maka jangan heran jika anda harus antri untuk memesan tahu campur ini.


Warung ini buka mulai sore hari hingga malam (foto pribadi).
Tahu Campur Pak Iwan ini buka mulai jam 5 sore hingga jam 10 malam. Tidak jarang jika warung ini tutup sebelum jam 10 malam. Harga seporsi untuk tahu campur ini hanya sebesar 12.000 rupiah. Jika merasa kurang anda bisa memesan dengan porsi jumbo. Di dalam seporsi ini aka nada irisan daging, bihun , kecambah, potongan sayur selada, dan irisan ketela. Setelah itu kemudian ditambah dengan petis dan disiram dengan kuah panas. Jika ingin variasi disediakan juga potongan kikil untuk tamabahan. Untuk rasa bisa ditambahkan sambal maupun kecap yang tersedia. Tak afdol jika tidak ditambah krupuk ikan atau rambak. Sehingga memuaskan lidah.

Bakso Solo Kidul Pasar

Bakso mungkin sudah jadi ciri khas kuliner yang wajib dinikmati saat di Kota Malang. Tidak salah jika anda mencoba kuliner bakso solo kidul pasar. Letak warung ini terletak di Jalan Halmahera, Kota Malang. Di depan dari bekas Stasiun Jagalan. Warung ini buka mulai jam 2 siang hingga jam 8 malam. Warung bakso ini biasa ramai saat sore hari.

Seporsi Bakso Solo Kidul Pasar Jagalan
Seporsi mangkuk bakso ini dihargai sebesar 16.000 rupiah terdiri dari 4 buah bola bakso yang terdiri dari 3 macam jenis yaitu bakso kasar ,bakso halus, dan bakso goreng. Selain itu terdapat tahu dan kulit pangsit yang diisi daging. Tidak lupa bihun , bawang goreng, dan daun bawang menjadi penambah rasa. Jika anda kurang atau berlebih anda juga dapat memesan sesuai selera. Harga untuk bakso disesuaikan dengan isi bakso. Untuk tahu dan kulit pangsit dibanderol seharga 2.000 rupiah per buah sedangkan butiran bakso dibandero 3.000 rupiah.

Soto Daging Madura Jagalan

Jika anda pencari makanan berat soto mungkin jadi pilihan paling baik. Warung soto ini berada di Jalan Nusakambangan tidak jauh dari Bakso Solo. Warung ini buka mulai jam 6 sore hingga 10 malam.

Harga seporsi soto ini dibanderol seharga 8.000 rupiah. Anda dapat memilih nasi ataupun lontong sebagai penggantinya. Di dalam seporsi ini terdapat potongan daging sapi dan berbagai jeroan antara lain babat, lemak, dan usus. Berbagai potongan daging ini kemudian disiram dengan kuah soto panas dan ditaburi bawang goreng, daun bawang , ,perasan jeruk nipis , dan koya. Soto ini cocok dimakan saat malam hari saat cuaca dingin. Dengan kuah soto yang panas dan kuah yang kental pasti cuaca yang dingin tidak terasa.

Soto Ayam Lamongan Pak Ali

Warung Soto Cak Ali Jagalan (foto pribadi)
Berbeda dengan Soto Madura yang buka di malam hari Soto Pak ali buka di siang hingga sore hari. Warung soto ini terlihat kecil dan cukup sederhana. Berada di Jalan Halmahera, Kota Malang warung ini menyediakan Soto Ayam Lamongan. Warung ini sudah lama  berada di sini kira – kira sejak tahun 90 – an.

Harga seporsi soto ayam ini dipatok seharga 8.000 rupiah. Isian dari seporsi ini berupa nasi / lontong yang ditaburi irisan potongan daging ayam dengan tambahan potongan telur ayam rebus. Isian ini kemudian diisi dengan guyuran kuah soto yang panas. Anda juga bisa meminta tambahan berupa ceker, sayap maupun embrio telur ayam betina.Jika masih kurang tersedia telur asin dan tempe goreng sebagai pelengkap. Sambil menikmati seporsi soto panas ini anda dapat juga memesan minuman dari teh hingga jeruk.

Rumah Makan Kairo Jagalan

Jika anda ingin menikmati kuliner luar negeri , rumah makan kairo bisa jadi pilihan. Rumah Makan yang berdiri sejak tahun 1952 ini menawarkan menu dengan khas timur tengah. Lokasi warung makan ini berada di pertigaan embong arab atau di Jalan Kapten Piere Tendean 1, Kota Malang. Buka mulai jam 3 sore hingga malam hari.

Anda dapat memilih berbagai menu timur tengah yang disediakan di warung makan ini. Mulai dari Nasi Kebuli, Roti Maryam , Gulai Kacang Kambing, hingga Sate Kambing. Menu favorit sebagin besar masarakat berupa masakan olahan daging kambing. Semerbak asap pembakanran sate kambing menambah nafsu makan saat anda memasuki rumah makan ini.

Seporsi gulai kambing (surabaya.panduanwisata.id)
Seporsi sate dibanderol seharga 15.000 rupiah, ditambah gule dan nasi sangat cukup mengenyangkan anda. Tidak lupa jika anda ingin mencicipi masakan lain dapat mencoba martabak mesir atau susu kambing etawa.dijamin pasti anda lupa sedang berada di Indonesia dan berfikir ada di timur tenga.

Tahu Lontong Lamongan.

Jika bosan makan dengan olahan daging taun lontong bisa jadi pilihan. Tahu lontong ini berada di jalan Nusa Kambangan belakang SMKN 4 Malang. Warung ini tergolong sederhana. Selain tahu lontong warung ini juga menyediakan tahu telor salah satu pasangan tahu lontong. Masakan asli lamongan ini cocok dimakan bersama nasi/ lontong. Warung ini buka mulai sore hari hingga malam hari.

Seporsi tahu lontong dihargai sebesar 6.000 rupiah. Potongan tahu dan lontong ini kemudian ditaburi bawang goreng, kecambah, dan seledri. Kemudian diguyur dengan bummbu kacang yang mengoda lidah. Untuk menemaninya kemudian ditaburi kerupuk sebagai pelengkap.

Warung Mie Pangsit Lezat Cak Tho

Warung ini berada di depan kantor kelurahan kasin di Jalan Nusakambangan. Warung ini menyediakan mie dan bakso. Untuk menu utama yaitu mie pangsit. Warung ini baru berdiri sekitar 3 tahunan tetapi pengunjung warung mie ini sangat ramai. Warung ini tergolong sederhana. Menempati rumah lama yang disulap menjadi warung makan. Warung ini buka mulai siang hari hingga malam hari.

Seporsi mie pangsit dihargai sebesar 7.000 rupiah. Anda bis memesan tambahan berupa bakso, siomay, atau siomay goreng. Seporsi mie ini berisi potongan sayur sawi,mie pangsit, bawang goreng, dan potongan acar timun. 

VISIT MALANG

Komentar

  1. Nih coba deh informasi disini ane juga punya wisata kuliner di Malang

    BalasHapus
  2. Manerik infonya. Bisa buat refrensi tamu tamu kami. Trims ya. Salam kuliner dari Sewa Mobil Malang Simpati 082141 555 123

    BalasHapus
  3. Makasih infonya , mau mampir dan coba coba kuliner dimalang hehe

    kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/ yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap , atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer