Eksplorasi Nikel Di Pulau Halmahera , Maluku Utara

Sekitar tahun 2012, saya mendapat tugas untuk melakukan pemetaan geologi. Pemetaan ini bertujuan untuk mengetahui kodisi geologi dan cebakan mineral ekonomis (Bijih nikel) di daerah tersebut. Pada saat pemberangkatan tim terdiri dari : 4 orang geologis, 1 orang sebagai ketua dan 3 lainya sebagai anggota. Pemetaan geologi ini terletak di daerah Teluk Weda, Kabupaten halmahera tengah. Maluku Utara.

Foto Pelabuhan Sofifi ,Halmahera , Maluku Utara

Tim berangkat dari Jakarta menuju Ternate ibukota Maluku Utara. dengan menaiki Batavia Air (sebelum pailit). Perjalanan ditempuh selama 4 jam. Sekitar jam 8 WIT, pesawat akhirnya mendarat di Ternate. Gunung Gamalama menyambut kedatangan di bandara ternate dengan angunnya.  setelah beristirahat akhirnya tim menyewa 2 mobil untuk mengangkut barang dan 7 orang penumpang ( 1 tim bertugas di daerah subaim , Halmahera timur) untuk menuju penginapan di dekat Masjid utama Ternate. sesuai rencana keberangkatan ke pulau halmahera direncanakan esok hari. Keesokan hari tim langsung menuju dermaga speed boat untuk perjalanan ke Sofifi, Pulau Halmahera. Sekitar 30 menit kapal speed boat tiba di dermaga sofifi.

Gugusan Pulau Tidore , Maluku Utara


Dari pelabuhan Sofifi , team kemudaian menyewa mobil untuk melanjutkan ke Weda, Halmahera Tengah. Perjalanan sekitar 6 jam. Setelah sampai team kemudian menyewa rumah sebagai base camp di desa lel ilef , weda. Di desa ini sudah berdiri 2 tambang nikel yatu Weda Bay dan Trakindo. Sehingga cukup ramai dan sudah tersedia berbagai keperluan untuk eksplorasi. 

Besoknya team mulai melakukan pemetaan geologi di dalam hutan. ini foto - foto saat eksplorasi.


Foto Geomorfologi perbukitan


Foto Singkapan Rijang



                                                      Foto singkapan batuan serpentin




Foto Pengambilan  Sample Tanah Laterite (Pit Test)




Komentar

Postingan Populer