Baru Diluncurkan Kereta Ekonomi Jayabaya Relasi Malang Jakarta


Eksterior Kereta Jayabaya Malang Jakarta
Warga Malang yang ingin berpergian ke Jakarta mendapatkan alternatif kereta yang lain. Setelah tersedia Kereta jurusan Malang - Jakarta yang melewati jalur selatan (Blitar - Tulunggagung - Kediri - Madiun - Solo) PT KAI menambah relasi baru Malang Jakarta dengan melewati jalur utara (Surabaya- Cepu - Semarang). Kereta api Jayabaya ini menempuh perjalanan selama 13 jam karena melewati jalur utara yang lebih cepat dibandingkan jalur selatan. Kereta  api ini untuk menambah permintaan warga malang yang sering tidak kebagian tiket ke Jakarta yang saat ini telah dilayani dengan Kereta Matarmaja (ekonomi), Kereta Majapahit (Bisnis), Kereta Gajayana (Eksekutif) dan Kerea api Bima (Eksekutif lewat Surabaya). Sebelum peluncuran kereta ekonomi sebagian besar warga menggunakan kereta matarmaja dan kereta Majapahit. Sayangnya akibat animo yang besar tiket kereta ini sering ludes terjual sehingga penumpang terpaksa berpindah ke trasportasi lainya.



Jadwal Kereta Jayabaya Malang - Jakarta
Kereta Api Jayabaya ini merupakan kereta ekonomi AC yang tidak disubsidi sehingga harganya mengikuti harga pasar. Saat ini tiket Jakata - Malang dijual dengan tarif batas bawah 190 ribu dan tarif batas atas sebesar 400 ribu. Kereta ini melewati jalur utara mulai dari jakarta, Cirebon, Tegal, semarang, Cepu, Surabaya, dan berhenti terakhir di Malang. Kereta ini lebih cepat bila dibandingkan dengan kereta ekonomi matarmaja karean melewati jalur utara yang sudah double track sehingga dapat menghemat waktu. KA Jayabaya itu nanti berhenti atau singgah di 12 stasiun. Stasiun-stasiun tersebut adalah Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Bojonegoro, Cepu, Randublatung, Ngrombo, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, dan Pasar Senen.


Fasilitas dan pelayanan di  Kereta Jayabaya Malang - Jakarta
Fasilitas kereta api jayabaya ini sedikit diatas dari kereta ekonomi matarmaja. Tempat duduk kereta ekonomi Ac Jayabaya ini terdiri dari tempat duduk 2-2 yang berhadapan , sedangkan kereta ekonomi biasa 3-2. Selain itu  dilengkapi toilet duduk khusus difabel, stopkontak di setiap tempat duduk, serta pendingin udara. Dengan rangkaian kereta terdiri dari delapan gerbong biasa dan dua gerbong khusus untuk difabel (penyandang disabilitas). Jarak antar-tempat duduk pun diatur relatif lebih luas ketimbang KA ekonomi biasa. Jika biasanya tempat duduk KA ekonomi mencapai 106 seat, di KA Jayabaya jumlah tempat duduk hanya mencapai 80 seat untuk gerbong biasa dan 60 seat untuk gerbong difabel. Selain itu kereta api ini juga dilayani oleh 2 orang pramugari kereta yang siap melayani kebutuhan penumpang kereta. 

Jadwal Kereta Jayabaya berangkat dari Malang pada pukul 10.45 WIB dan dari Stasiun Pasar Turi jam 14.00 WIB akan tiba di Jakarta Pasar Senen pada pukul 00.23 WIB. Total waktu tempuh sekitar 13 jam, 38 menit.

 
Video Perjalanan Perdana

Komentar

Postingan Populer