Pengalaman Naik Bus Mitra Titian Nusantara Jakarta – Surabaya


Biasanya dalam melakukan perjalanan jarak jauh antar kota , jarang menggunakan angkutan bus karena pernah hampir 24 jam berada dalam bus dari Kota Malang menuju Kota Jakarta. Moda transportasi yang jadi pilihan biasanya pesawat atau kereta karena waktu tempuh dan durasi perjalanan yang lebih cepat.
Tetapi sejak diresmikan tol Trans Jawa di akhir 2018 moda transportasi bus sepertinya mulai bisa bersaing dengan moda transportasi kereta api dengan waktu tempuh Jakarta – Surabaya sekitar 12 jam begitupun sebaliknya.
Kebetulan awal Agustus 2019 ada keperluan di Jakarta hingga tanggal 8 agustus , sayangnya tiket perjalanan dari Jakarta – Malang belum dipesan jauh hari sehingga tiket kereta api sudah ludes terjual, terlebih lagi sudah berdekatan dengan hari raya kurban (idul adha) sehingga tak ada tiket tersisa. Untuk tiket pesawat sejak awal tahun sudah naik cukup tinggi sehingga tidak ada moda trasportasi lain sebagai pilihan pengganti dengan harga terjangkau. Salah satu yang tersisa yaitu Bus.
Dengan bantuan traveloka akhirnya mencoba untuk naik bus sebagai alternatif yang pas di kantong. Tiket ini dibeli pada hari H, sayangnya bus tujuan malang tidak ada yang tersisa di aplikasi pemesanan bus traveloka. Pilihan kemudian berubah ke Kota Surabaya. Dari Traveloka hanya ada  2 bus tersisa yang melewati trans jawa yaitu Bus Mitra Titian Nusantara dan Sinar Jaya. Untuk Sinar Jaya jam keberangkatan cukup beragam sedangkan bus Mitra Titian Nusantara ada 2 jam keberangkatan.
Pilihan kemudian jatuh ke bus Mitra Titian Nusantara karena 1 hal , bus ini melayani keberangkatan dari terminal lebak bulus dekat dengan daerah pondok indah , lokasi acara di mana tempat kegiatan berlangsung sehingga dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan menuju terminal Pulogebang dimana Bus Sinar Jaya hanya berangkat dari terminal ini.
Pagi hari tiket dipesan dan mendapatkan diskon 20 % untuk pembelian tiket bus online pertama kali. Dengan harga sekitar 260 ribu untuk perjalanan Jakarta Surabaya .  Total tiket harga setelah di diskon berkisar sekitar 206 ribu. Harga yang cukup murah bila di bandingkan dengan kereta eksekutif maupun premium. 
Suasana Terminal Lebak Bulus dengan deretan kios Agen Bus
Jam keberangkatan dari Lebak Bulus 14.00 WIB, sekitar jam 12.30 tiba di Teminal Lebak Bulus. Perlu teliti untuk mencari agen Bus Mitra Titian Nusantara ini, karena spanduk dan nama bus ini tidak terlihat jelas di loket luar. Akhirnya setelah lama mencari ternyata agen Mitra Titian Nusantara ini menumpang di Agen bus lain. Tidak seperti tiket pesawat maupun kereta yang dicetak mesin, tiket bus ini hanya secarik kertas tulisan tangan biasa.

Gambar Tiket Kertas Manual Bus Mitra Titian Nusantara
Bus akhirnya datang sekitar pukul 14.30 terlambat 30 menit dari jadwal keberangkatan dari terminal lebak bulus. Sekitar 10 menit penumpang masuk ke bus Mitra Titian Nusantara. Sekitar  5 penumpang naik dari terminal Lebak bulus, setelah itu bus langsung berangkat menuju pondok pinang.  
Bus Mitra Titian Nusantara yang akan membawa menuju ke Surabaya

Konfigurasi kursi bis ini 2 -2 dengan fasilitas berupa legrest dan selimut serta bantal untuk penumpang beristirahat.

Konfigurasi tempat duduk di dalam Bus Titian Nusantara

Setelah dari Pondok Indah Bus bergerak menuju pondok pinang untuk menjemput penumpang
di pondok pinang. Sekitar jam setngah empat sore bus melaju lewat tol Jagorawi ke arah Terminal Kampung Rambutan. Jadwal di kampung rambutan sekitar jam 5 sore bus menaikkan 2 orang penumpang. Bus melanjutkan perjalanan menuju terminal pulogebang. Dari Terminal Pulogebang Bus menuju Bekasi sekitar jam 6 bus baru berangkat menuju lokasi terakhir yaitu Cikarang.


Menu makan malam , metode prasmanan yang disediakan di rest area.

Bus yang parkir di rest area

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer