Pengalaman Donor Darah Di PMI Kota Malang


Gambar 1. Kantor PMI Kota Malang

Donor darah saat ini bukan hanya menjadi seremonial semata ketika suatu perusahaan atau organisasi melakukan kegiatan sosial. Di berbagai daerah donor darah sekarang menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan dan urban seperti Kota Malang. Selain itu ada hal menarik yaitu menurut mantan ketua PMI Pusat yang juga wakil presiden umur para pendonor berkisar dari 20 hingga 40 tahun. Ini menandakan bahwa peran pemuda sangat besar bagi pendonor darah. Hal ini menepisanggapan bahwa pemuda kurang peduli dengan sesama. Hal ini patut disyukuri karena sifat berbagi menjadi karakter para pemuda ini.Kegiatan donor darah dapat dilakukan langsung di instansi PMI maupun saat kegiatan sosial. Karena saya sudah rutin mendonorkan darah maka setiap 3 bulan sekali saya datang langsung ke kantor PMI. Kantor PMI Malang sendiri terletak di Jalan Buring No 10 Kota Malang. Jam Buka PMI Kota Malang pada hari Senin – Kamis mulai jam 07.30 – 20.00 sedangkan pada hari Jum’at mulai jam 08.00 – 11.00 dan 13.00 – 20.30.Setelah masuk di dalam PMI serahkan kartu pendonor jika sudah pernah daftar, jika belum maka isi formulir pendaftaran .



Gambar 2. Pemerikaan tekanan darah / tensi dengan alat ukurdi PMI Kota Malang
Syarat utama pendonor darah antara lain :
1. Sehat dengan umur 17 – 60 tahun
2. Berat badan minimal 45 kg Tekanan darah normal 80/120 dan Hb 12,5 g/dl
3. Tidak sedang menderita penyakit
4. Untuk wanita tidak sedang hamil/menyusui/menstruasi
5. Bukan pecandu alcohol / narkotika
6. Jarak waktu donor darah minimal 3 bulan
7. Bukan penderita hepatisis , HIV,dan penyakit malaria.

Gambar 3. Meja dan tempat pengambilan darah di PMI Kota Malang
Saat awal mendaftar anda akan disuruh menulis data diri dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Setelah itu anda akan disuruh menimbang berat badan, minimal berat badan yang diperbolehkan yaitu 45 kg. setelah menimbang badan petugas akan memeriksa denyut nadi dengan alat yang tersedia. Kemudian sample darah anda akan diambil. Kadar Hb yang disyaratkan yaitu 12,5 g/dl. Jika tidak memenuhi syarat anda akan ditolak, sedangkan jika mencukupi maka akan masuk ke ruang pengambilan darah.Petugas akan bertanya lengan mana yang akan diambil darahnya , menyesuaikan dengan kursi yang tersedia.

Setelah itu petugas akan mempersiapkan alat suntik dan kantong darah. Kemudian petugas akan mengikat lengan anda dan mengambil darah anda. Pengambilan darah ini memakan waktu 20 – 30 menit. Setelah kantong darah penuh petugas akan memotong selang tranfusi dan mengikat kantong darah. Kemudian sebagian kecil darah dimasukkan ke tabung kecil sebagai analisa. Analisa ini diperlukan untuk mengecek kualitas darah dan penyakit bila anda terserang virus/ bakteri. Setelah itu petugas akan mencabut jarum di lengan dan menutup dengan plester agar darah tidak keluar.Setelah selesai anda akan dipersilakan menuju ruang istirahat untuk memulihkan kondisi. Petugas akan menyediakan snack dan makanan ringan sebagai pengganti nutrisi tubuh.

Gambar 4. Makanan dan snack yang disediakan oleh PMI Kota Malang
Tersedia bubur kacang hijau, air mineral, susu, roti, biscuit, dan obat penambah darah. Makanan ini tergantung dengan persedianan  di PMI. Setelah badan cukup uat maka anda dipersilakan meninggalkan ruangan. Jika anda tidak pernah dihubungi lagi maka darah anda tidak ada masalah dan anda diharapkan datang lagi 3 bulan mendatang untuk donor darah.

Gambar 5. Istirahat dan minum dulu setelah donor darah. Yuk ikut donor biar sehat (Foto Sofyan Surya A. pendonor pemula)

Berikut ini manfaat bagi anda jika rutin donor darah : 1. Periksa gratis penyakit yang berhubungan dengan darah 2. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke 3. Mengurangi resiko penyakit hipertensi 4. Memperlancar peredaran darah di dalam tubuh 5. Mengurangi kelebihan zat besi di dalam tubuh memaksimalkan produksi sel darah merah 6. Mendeteksi penyakit serius secara dini 7. Membuat badan lebih sehat dan bugar.

Mari buat donor darah sebagai gaya hidup yang menyehatkan.

Komentar

  1. Kalau tidak keberatan bolehkah saya meminta email anda? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer