Kampung Jagalan RW 10 Malang Mengikuti Lomba Kebersihan Lingkungan

Masalah lingkungan menjadi salah satu isu penting dalam waktu saat ini. Lingkungan yang kumuh dan kotor ini merupakan sumber penyakit. Penyakit sering bermula dari kampung atau perumahan yang kotor dan tidak higienis sehingga menjadi tempat penyebaran virus, bakteri, dan hewan pembawa penyakit seperti nyamuk, lalat dan tikus. Untuk itu warga harus turut serta dalam menjaga lingkungan sekitar. Salah satu untuk membuat warga ikut serta dibuatlah lomba kebersihan dan lingkungan se RW Kota Malang. Lomba ini diikuti oleh seluruh Kelurahan dan RW di Kota Malang.

Dalam lomba ini tidak hanya dinilai kebersihan lingkungan saja tetapi peran serta masyarakat menjaga  lingkungannya seperti pemilihan sampah, perawatan tanaman hias maupun tanaman produktif, dan jalannya Bank sampah di lingkungan masyarakat serta usaha ukm masyarakat sekitar. Dalam lomba ini warga Jagalan cukup antusian untuk berparisipasi dalam lomba ini. Selain untuk mendapatkan juara lingkungan yang bersih dan sejuk dipandang menjadi salah satu poin tambahan dalam lomba ini.

Salah satu contoh hasil dari lomba ini yaitu pembuatan taman lingkungan di setiap kawasan RT sekitar. salah satunya yaitu pembuatan kebun sayur yang terdidiri dari tanaman musiman seperti sawi, terong, cabai, dan kangkung. selain itu juga terdapat tanaman obat (TOGA) berupa tanaman jahe, kunyit, kencur, lidah buaya, kina dan lain lain.

Taman Lingkungan di Kampung jagalan berupa TOGA dan Sayuran

Selain berupa Toga dan sayuran di sekitar rumah dan kampung jagalan ditanami bunga dan pohon. Bunga dan tanaman hias ini menghiasi rumah rumah di kampung jagalan. Sehingga menambah keindahan di kampung Jagalan.
Jalan sekitar Kampung Jagalan dihiasi tanaman dan bunga

Komentar

Postingan Populer